Jumat, 20 April 2018

Foodgram: Berawal Dari Hobi, Menghasilkan Royalti


Minat netizen terhadap media sosial, khususnya instagram, kini semakin meningkat. Selain digunakan sebagai album digital, banyak pula netizen yang pintar memanfaatkannya menjadi ladang bisnis. Kini banyak bermunculan di instagram, akun yang me-review mengenai makanan atau yang biasa disebut foodgram. Para foodgram ini mulai eksis karena banyaknya minat netizen pada Instagram. Sehingga memunculkan netizen kreatif, dan mulai merintis sebuah akun berisi ulasan beraneka ragam kuliner.
Sebagai contoh muncul akun seperti @eatventure.ic, @nongkrong_jogja, @jogjaculinary, dan masih banyak lagi akun foodgram yang khusus meliput berbagai kuliner di Yogyakarta. Akun-akun tersebut membuat komunitas dengan nama Foodgram Yk, dan saat ini sudah memiliki sekitar tiga puluh anggota. Mereka juga rutin melakukan gathering sebulan sekali untuk sharing ilmu atau sekedar hunting makanan bersama.
Pengelola akun foodgram banyak berasal dari kalangan anak muda. Sebut saja akun @eatventure.inc, yang dikelola oleh mahasiswa semester dua yaitu Mohammad Rifqi. Rifqi mengaku sudah menggeluti bidang ini semenjak duduk dibangku kelas dua SMA. Berawal dari hobinya memotret makanan, kini akun instagram Rifqi berkembang menjadi akun yang bernilai profit. Dalam sebulan Rifqi dapat mengantongi paling sedikt delapan ratus ribu rupiah. @eatventure.inc sendiri kerap mendapat profit dari restaurant atau caffe yang ingin melakukan promosi dengan cara kerjasama yang mengutungkan kedua belah pihak. Namun, lain halnya dengan penjual makanan kecil atau biasa kita sebut streetfood. Untuk kasus streetfood, Rifqi membuat pengecualian untuk tidak mengambil keuntungan saat me-review makanannya. Melainkan atas inisiatifnya sendiri.
 Kesuksesan yang diraihnya tentu tak lepas dari strategi Rifqi untuk tetap eksis di Instagram. Salah satunya dengan mengusung caption unik dan panggilan khusus dirinya untuk para followersnya. “Masmin” atau sebutan Rifqi kepada followersnya, menjadikan ciri khas yang membedakan @eatventure.inc dengan akun foodgram lainnya. Selama menjadi foodgram, Rifqi merasakan sensasi tersendiri saat foto makanannya berhasil menggugah selera makan netizen. Namun, ada kalanya impression netizen turun dan membuat akun miliknya kurang dilirik. Untuk menanggapi hal ini, Rifqi mengaku siap melebarkan sayapnya ke sosial media lain yaitu Youtube. Dengan tampilan barunya sebagai vlogger, diharapkan dapat kembali meningkatkan impression netizen terhadap @eatventure.inc.
Dalam kesehariannya sebagai seorang foodgram dan mahasiswa, Rifqi mengaku tetap mengutamakan kuliahnya. Dirinya tetap bisa mencuri waktu untuk melakukan hunting makanan, ditengah jadwal kuliah yang padat. “Kalo dibilang menyita sih enggak ya, karena aku lebih ngutamain kuliah juga. Tapi kalo misal pas waktu senggang atau kelas kosong biasanya sih aku langsung pergi buat hunting makanan.” tutur pemuda 18 tahun tersebut. (dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Press Release: Emina Creamy Tint

Idola Baru Untuk Lip Lovers: Emina Creamy Tint, dengan Formula Soft dan Longlasting Sebagai make up brand yang populer, Emina kembali mel...