Minggu, 08 Oktober 2017

Media Cetak Vs Media Online


            Pada era globalisasi saat ini kemajuan teknologi sudah sangat pesat, hal ini berpengaruh kepada perkembangan media. Sejarah perkembangan media di Indonesia melalui 5 tahap yaitu tahap pers perjuangan, pers politik, pers orde baru, pers pembangunan, dan pers industri atau bisa disebut pers reformasi. Dari media cetak kini berkembang menjadi media online, dunia semakin modern dan berkembang. Bagi para pelaku industri media di Indonesia, perkembangan media bagi pelaku industri media ternyata membawa dampak negatif salah satunya akan terjadi penurunan oplah penjualan media cetak. Hal ini dikarenakan media cetak dianggap oleh masyarakat kurang praktis dibandingkan media online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, tentu hal ini menjadi tugas besar bagi pelaku industri media cetak untuk mempertahankan eksistensi media cetak.
 Dari pengamatan yang saya amati untuk mempertahankan eksistensinya, media cetak harus melakukan inovasi seiring perkembangan jaman. Hal ini perlu dilakukan karena masyarakat selaku konsumen media cetak juga merupakan pelaku modernisme, hal ini juga dipengaruhi sifat masyarakat yang lebih mengutamakan kemudahan akses dalam mengakses berita. Seperti yang tertera diatas, contoh kekurangan media cetak dibandingkan dengan media online yaitu kurang praktisnya media cetak dengan wujud berbentuk lembaran kertas sehingga kurang nyaman untuk dibawa ataupun diakses dimana saja. Berbeda dengan media online yang dapat kita akses hanya dengan melalui internet yang dapat diakses melalui telepon genggam, sehingga lebih praktis dan nyaman dibawa dan dibaca dimana saja dan kapan saja. Selain itu media cetak juga selalu mengalami delay apabila memberitakan hot news, dikarenakan proses yang panjang dalam penerbitan media cetak. Berbeda dengan media online yang tidak memerlukan proses penerbitan sepanjang media cetak, sehingga dalam hal ini meia online lebih unggul karena tidak mengalami delay dalam memberitakan hot news. Contoh media cetak seperti yang kita ketahui yaitu koran dan majalah, ada banyak koran dan majalah di Indonesia seperti koran Sindo dan majalah Gadis.
Pada masa media online belum terlalu berkembang, angka oplah atau jumlah salinan koran atau majalah yang dijual sangat tinggi. Namun setelah media online berkembang, angka oplah media cetak semakin menurun disebabkan oleh beberapa faktor yang telah saya jelaskan diatas. Dalam hal ini saya akan membahas lebih spesifik tentang industri media cetak di Indonesia, yaitu majalah gadis dari PT Femina Group. Gadis adalah nama majalah remaja wanita yang berasal dari Indonesia yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1973 dan sangat populer di Indonesia. Jika kita perhatikan majalah Gadis mampu mempertahankan eksistensinya sampai saat ini, tentunya ini didukung oleh berbagai inovasi yang dilakukan oleh majalah Gadis.
Sebagai pelaku industri media cetak, majalah Gadis terus mengikuti perkembangan zaman untuk melakukan berbagai inovasi pada majalahnya. Sebagai contoh, tampilan majalah Gadis dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Tampilan pada majalah Gadis dibuat semakin menarik dan berwarna untuk meningkatkan daya tarik pembaca, disamping itu majalah Gadis sebisa mungkin tidak menjadi majalah yang ketinggalan zaman. Oleh karena itu majalah Gadis mengikuti era modernisasi untuk mempertahankan eksistensinya melawan media online yang sedang berkembang dengan membuat majalah versi online. Strategi majalah Gadis dengan membuat versi online ini merupakan inovasi yang luar biasa, hal ini dibukikan dengan bertahannya majalah Gadis hingga saat ini disaat banyaknya media cetak yang gulung tikar. Sebagi seorang pelaku industri, majalah Gadis harus berpikir kreatif untuk menjaga eksistensinya. Hal ini telah dilakukan majalah Gadis dengan baik, jika pelaku industri media cetak bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik maka hal ini juga dapat membeeri dampak positif yang baik untuk media cetak.

REFERENSI








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Press Release: Emina Creamy Tint

Idola Baru Untuk Lip Lovers: Emina Creamy Tint, dengan Formula Soft dan Longlasting Sebagai make up brand yang populer, Emina kembali mel...